Selamat datang di Ar Rafi' - Bandung
 
Kontak: (022) 731-1009 — Surel: kontak@arrafibandung.com
•  Penerimaan Siswa Baru SMP Ar Rafi' Tahun Ajaran 2018-2019 (Terbatas Hanya 60 Peserta Didik)  •  TK Ar Rafi' - Islamic Pre-School  •  SD Ar Rafi' - Accelerated and Bilingual School  •  
Tematik
12.10.2015
Tematik

 

Pembelajaran yang menyenangkan dan terkait dengan kehidupan konkrit anak sehari-hari, berbagai mata pelajaran disajikan dalam tema yang menarik untuk melatih potensi siswa baik kognitif, efektif dan psikomotorik. Didukung dengan buku dan bahan ajar yang dikembangkan sendiri, menjadikan pembelajaran tematik di SD Ar Rafi syarat dengan muatan-muatan karakter dan nilai-nilai keislaman yang menjadi fondasi dasar siswa kelas 1 dan 2.

Tujuan pembelajaran tematik antara lain untuk mengembangkan kecakapan generik peserta didik secara utuh berintikan nilai-nilai agama yang diyakininya maupun nilai dan wawasan kebangsaan selaku warga negara.

Adapun kecakapan generik yang akan dikembangkan meliputi : kecakapan mengamati, mengukur, mengklasifikasi, menyimpulkan dan kecakapan komunikasi serta kecakapan intelektual, kecakapan fisik manual, dan pengendalian diri.

Proses pembelajaran dipusatkan pada aktivitas peserta didik (student active learning) yaitu kedudukan guru sebagai promotor pembelajaran sekaligus sebagai partner siswa dalam mengaktualisasikan potensinya serta sebagai pembimbing dalam pemberdayaan potensi tersebut.

Penyajian materi dalam pembelajaran tematik pada tahap awal sarat dengan gambar ilustrasi, dimana ilustrasi tersebut selain untuk menarik minat siswa terutama menjadi alat bantu menanamkan konsep konkret yang bersifat abstrak. Hal ini sesuai dengan tingkat berpikir anak usia 6-7 tahun yang masih berpikir konkret. Tahap berikutnya setelah siswa menguasai tulis baca, materi pembelajaran disajikan dalam bentuk tulisan.

Hasil belajar yang diharapkan adalah pemilikan kecakapan generik yang bersifat proses sebagai fondasi bagi pemilikan kecakapan akademik dan atau kejuruan pada jenjang pendidikan berikutnya, serta pemilikan kecapakan dasar berhitung agar siswa mempu berfikir logik rasional.

Galeri Foto Terkait
Galeri Video Terkait
+ Index Berita