Selamat datang di Ar Rafi' - Bandung
 
Kontak: (022) 731-1009 — Surel: kontak@arrafibandung.com
•  Penerimaan Siswa Baru SMP Ar Rafi' Tahun Ajaran 2018-2019 (Terbatas Hanya 60 Peserta Didik)  •  TK Ar Rafi' - Islamic Pre-School  •  SD Ar Rafi' - Accelerated and Bilingual School  •  
Bilingual

Program Bilingual ( 6 tahun)

Latar belakang

Suatu pemikiran bahwa dengan membiasakan peserta didik untuk menggunakan  bahasa Inggris akan meningkatkan rasa antusias anak, yang akan menumbuhkan rasa bangga, meningkatkan rasa percaya diri dan identitas diri (Pride, Dignity and Identity). Selain itu di era globalisasi ini, anak-anak dipersyaratkan untuk dapat menguasai bahasa Inggris agar lebih mudah mempelajari sumber belajar di internet ataupun memahami sumber belajar yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga memiliki wawasan global untuk mampu “berselancar dalam Chaos”.

Tujuan

Penyelenggaraan program bilingual berbasis Information Communication Technology (ICT) bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten dengan memiliki skill atau kemampuan memahami suatu fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dengan penguasaan totalitas, menyeluruh dan mendalam serta dapat mengkomunikasikannya dalam bahasa Inggris dengan benar.

Mekanisme Penyelenggaraan

Program bilingual ini ditempuh peserta didik selama 6 tahun di SD Ar Rafi’.Program bilingual ini merupakan program rintisan di tahun pelajaran 2015-2016 walaupun sebenarnya SD Ar Rafi’ telah mencoba melaksanakan dan menerapkan pembelajaran berbasis bilingual sebelum tahun 2015. Setelah Perguruan Ar Rafi’ mengobservasi dan  menganalisis kesiapan guru dan peserta didik maka pada tahun 2015 ini memungkinkan program bilingual dapat diterapkan di SD Ar Rafi’ untuk peserta didik yang menempuh program 6 tahun. Program bilingual di SD Ar Rafi’ dimulai dari kelas 3, kelas 4 dan kelas 5, sedangkan kelas 6 merupakan waktu pemantapan bagi kesiapan peserta didik menghadapi Ujian Nasional (UN). Mata pelajaran yang dilaksanakan dengan bilingual adalah Matematika, Sains dan IPS.

Program bilingual (6 tahun) tetap menggunakan proses pembelajaran akselerasi, yang merupakan prinsip dasar proses pembelajaran Ar Rafi’.

Pendukung Program Bilingual

Adanya kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara  menunjuk SD Ar Rafi’ untuk menjadi Sister School dengan Phicaya Suksa School Thailand menambah keyakinan untuk mengutamakan kualitas mutu pendidikan di SD Ar Rafi’.

Pembinaan untuk mensukseskan program bilingual dalam menjaga mutu kompetensi gurudidukung dan difasilitasi oleh International Program Science on Education (IPSE) Universitas Pendidikan Indonesia.Bahan pembelajaran program bilingual menggunakan buku My Palsyang dikembangkan oleh Marshall Cavendish Education.

Pencapaian Hasil Belajar

Peserta didik yang menempuh program bilingual dapat menguasai kepemilikan ilmu dengan pemahaman bahasa Inggris yang baik, menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi bahasa Inggris, dan mempunyai kesempatan dalam pengembangan potensi diri pada setiap kegiatan sekolah. Selain itu program bilingual ini akan membuka kesempatan kepada para lulusan untuk melanjutkan pendidikan pada sekolah standar internasional baik didalam maupun luar negeri.