Selamat datang di Ar Rafi' - Bandung
 
Kontak: (022) 731-1009 — Surel: kontak@arrafibandung.com
•  Bidang Perwakafan Ar Rafi' Akan Segera Launching...Tunggu Informasi Selanjutnya  •  PPDB SMP Ar Rafi' Drajat Tahun Ajaran 2019-2020 : Telah Ditutup  •  TK Ar Rafi' - Islamic Pre-School  •  PPDB SD Ar Rafi' Tahun Ajaran 2019 - 2020 : Telah Ditutup  •  
Figur
18.02.2019
Figur
“Penanaman nilai-nilai spiritual dan sosial melalui pembelajaran berbasis online”

Oleh : Andry Hadiwijaya

Pembelajaran berbasis online merupakan salah satu tuntutan diera digital saat ini, betapa tidak, perangkat gadget yang semakin hari semakin canggih dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para siswa untuk belajar. Kreativitas guru dalam pemanfaatan gadget berbasis online untuk pembelajaran sangat diperlukan dan harus terus dikembangkan. Penguatan kemampuan siswa dalam memahami konsep konsep materi pelajaran baik berupa komponen pengetahuan dan keterampilan akan mudah tergali dengan berbagai sumber yang melimpah, lalu bagaimana dengan penguatan komponen spiritual dan sosial? apakah pembelajaran online juga dapat menguatkan komponen-komponen tersebut?. Dalam bagian selanjutnya akan coba diuraikan mengenai kedua pertanyaan mendasar tersebut.

Setidaknya ada beberapa poin yang dapat dilakukan agar pembelajaran berbasis online dapat menumbuhkan nilai nilai spiritual dan sosial yaitu:

Pertama, Guru sedapat mungkin mencari sumber-sumber pembelajaran dari dunia maya yang dapat menguatkan nilai nilai spiritual dan sosial, salah satu contohnya dengan menayangkan atau memberikan link video pembelajaran tentang alam semesta berbasis tauhid dari ilmuan muslim Harun Yahya. Dimana video video buatan Harun Yahya syarat dengan nilai nilai religius yang berupa mengagungkan Allah Swt. sebagai Maha Pencipta.

Kedua, Untuk menumbuhkan nilai nilai sosial, dalam setiap materi pembelajaran harus ditayangkan gambar gambar, artikel, ataupun video yang dapat menggugah rasa kepedulian sosial. Sebagai contoh, ketika membahas tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, maka tayangkan materi materi digital berupa dampak buruk dari tidak menjaga lingkungan seperti pencemaran air, tanah, dan udara serta terjadinya bencana banjir yang mengakibatkan kerugian baik moril maupun materill.

Ketiga, ketika akan memulai pembelajaran online dalam arti siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi dunia maya guna pembelajaran, maka guru hendaknya tidak bosan bosan mengingatkan dan memberi nasehat bahwa para siswa harus bijak dan sehat dalam menggunakan perangkat online, ditanamkan pula bahwa Allah Swt. Maha melihat apa saja yang dikerjakan oleh para siswa, ditumbuhkan juga keyakinan tentang pengawasan melekat (waskat) dari para Malaikat Allah Swt., sehingga jika mereka menggunakan media online untuk kegiatan yang tidak baik atau tidak bermanfaat maka akan berkonsekwensi dosa dan tidak dicintai oleh Allah Swt. Sebaliknya jika para siswa menggunakan media berbasis online untuk kebaikan dan sarana berdakwah, maka pahala kebaikannya akan mengalir dan kembali kepada para siswa tersebut.

Keempat, Penggunaan pembelajaran berbasis online juga dapat menumbuhkan atau membiasakan berbahasa tulis yang sopan dan santun, caranya adalah dengan membiasakan siswa untuk menulis surat elektronik atau biasa disebut email dengan kalimat dan susunan yang baik. Peran guru dalam memberikan arahan dan contoh menulis surat elektronik yang baik sangat dibutuhkan. Pembelajaran berbasis online juga sering menggunakan korespondensi email ketika para siswa akan mengumpulkan tugas kepada gurunya.

Kelima, Pembelajaran berbasis online juga akan merangsang daya fikir kritis siswa, karena ketika siswa berinteraksi dengan dunia maya dalam pembelajarannya, tentu akan dihadapkan dengan sejumlah infomasi yang beragam bahkan bertentangan satu sama lain, disinilah siswa dengan dibimbing oleh guru berusaha mendapatkan jawaban atau informasi yang benar dan akurat. Maka proses tanya jawab antara siswa dan guru akan lebih tumbuh dan semarak.

Keenam, Pembelajaran berbasis online juga dapat menumbuhkan kesadaran taat aturan dan tata tertib serta tidak melanggar aturan hukum seperti Undang Undang ITE. Dalam Hal ini guru harus kembali berperan untuk memberikan pemahaman dan penguatan kepada siswa bahwa ketika berinteraksi dengan dunia maya maka harus menjaga sikap dan perilaku “berselancar” di dunia maya, tidak sembarangan memposting atau mengupload sesuatu yang dapat menimbulkan konsekwensi hukum dikemudian hari. Semangatnya adalah “saring sebelum sharing”.

Kecanggihan teknologi yang terus bergulir detik demi detik dapat menjadi angin surga ataupun bencana bagi manusia pengguna teknologi tersebut. Angin surga maksudnya dengan teknologi berbagai kemudahan dan fleksibilitas dapat ditawarkan menjadi layanan dan keunggulannya, adapun menjadi bencana artinya jika teknologi tersebut digunakan untuk kejahatan dan berbuat maksiat.

Dunia pendidikan khususnya sekolah tentu harus aware dan peduli dengan fenomena perkebangan teknologi terutama berbasis online yang bersifat massif dari masa ke masa. Teknologi tersebut hendaklah dimanfaatkan untuk kebaikan dan penguatan pendidikan disekolah maupun keluarga bukan sebaliknya teknologi digunakan sebagai penghalang kemajuan dan ajang bermalas malasan. Kesadaran menggunakan teknologi secara bijak perlu terus dikembangkan dan ditumbuhkan, demikian pula peran aktif dari semua komponen baik pemerintah, penyenlenggara pendidikan, guru dan orang tua untuk menjadikan teknologi berbasis online memiliki manfaat terus didukung dan disikapi dengan baik. Ada berbagai aplikasi dan sumber belajar terlimpah ruah di dunia maya, kecakapan dan kreatifitas guru dan orang tua untuk memilih dan menggunakannya bagi siswa harus terus ditingkatkan. Disisi lain, mulai bermunculan lembaga atau perorang yang konsern terhadap pembuatan aplikasi pembelajaran perlu mendapat dukungan dan masukan berharga untuk penyempurnaannya agar tujuan bersama pendidikan di Indonesia yaitu memfasilitasi setiap potensi siswa menjadi kompetensi dan berakhlak mulia akan terwujud dengan segera. Aamiin.

Penulis :

Andry Hadiwijaya, S.S

Guru dan Asisten Direktur Perguruan Ar Rafi’ Bandung

Alamat Sekolah : Jl. Sekejati III No. 20 Kiaracondong Bandung, Telp. 022-7311009

Alamat Rumah : Jl. Kemakmuran II No. 323 Rancasari Bandung, Telp. 022-7569896-085220247161

Email : andryhadiwijaya@gmail.com



Galeri Foto Terkait
Galeri Video Terkait
+ Index Informasi